Hidup Penuh Berkat

POWER OF LIGHT-Kuasa dari Terang

Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu.

Yesaya 60:2

‘Kegelapan” yang dimaksud ini tentang menutupi bumi dan menutupi orang-orang yang ada di Dunia. Tuhan berkata bangkit dan menjadi terang!

Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu.

Yesaya 60:1

Kegelapan harus tunduk pada terang, semakin tinggi terang di dalam diri, semakin tinggi manifestasi dan pengurapan itu, maka kegelapan tidak akan mampu mengusik/mengganggu hidup kita.

Saat ini kita hidup di musim yang Tuhan izinkan, dimana profetik/perkenananNya yang sangat spesial itu berasal dari tubuh Kristus sedang dicurahkan. Dan musim ini ada kegerakan/pengaruhnya yang terjadi di akhir zaman, Tuhan akan menggerakkan/memakai kita sekarang dari tempat kita yang tadinya merasa stagnant, Tuhan akan mengubah keadaan kita untuk menjadi ‘terang’.

Kita tidak ada pilihan lain selain untuk menjadi terang, karena di mana ada terang maka, teranglah yang akan menyinari kegelapan. Kita diselamatkan, bukan hanya untuk jadi orang Kristen, yang rutinitas datang ke gereja duduk-duduk saja, tanpa action tetapi menjadi terang buat gereja, kota, bangsa, dll.

Kita diselamatkan bukan hanya menjadi orang baik, bukan hanya menjadi hamba Tuhan saja, tetapi yang Tuhan mau kita bisa menjadi terang bagi dunia, generasi kita, bangsa kita, keluarga kita, sebab itu katakan “akulah terang!”

Terang itu ada level-levelnya

Jadi jenis terang yang dinyatakan di hidup kita bukan ditentukan oleh Tuhan, tetapi kitalah yang menentukan terang dalam hidup kita. Bagaimana kita bertingkah laku.

Begitulah terangmu akan bercahaya buat orang lain, ini waktunya bangkit dan bersinar karena terangmu sudah datang.

Terang adalah jawaban bagi kegelapan, di mana kegelapan berjumpa dengan terang, maka kegelapan itu harus lari/menyingkir. Ini zaman di mana kegelapan berada di setiap tempat, tetapi Tuhan berkata ini waktunya kita bangkit.

Beberapa dari kita sudah lama berada dengan zona nyaman, sedang puas dengan kondisi rohanimu sekarang, tetapi Tuhan mau ada sebuah generasi yang besar dan menjadi terang, maka situasi pun tunduk pada diri kita!

Jadi bangkit untuk menjadi terang artinya kita bersinar dan bukan diam saja tanpa melakukan sesuatu.

Semakin banyak terang yang kita miliki, semakin banyak jangkauanmu, semakin besar transfromasi dalam hidupmu, semakin besar anugerah dalam hidupmu, semakin besar pengurapan/kuasa/sumber daya hidupmu.

Ini waktunya kita bersinar terang, kita harus bisa mencerminkan kemuliaan Tuhan, sebab Tuhan adalah Terang, dan di dalam Dia tidak terdapat kegelapan.

Perkatakan:
Mulai saat ini setiap kegelapan di dalam hidupku akan tersingkir/dilepaskan oleh terang Tuhan!

Ia adalah pelita yang menyala dan yang bercahaya dan kamu hanya mau menikmati seketika saja cahayanya itu.

Yohanes 5:3

Jangan kompromi, tetap bawa terang dalam hidup setiap hari. Harus berbeda dari dunia. Tidak ada terang, maka tidak ada terobosan. Tidak ada terang, tidak ada kekuatan, tidak ada terang, tidak ada kenaikan level.

Ada terang yang dilahirkan dan terang yang bersinar. Mulailah bersinar dan terbakar bagi nama Tuhan dalam keluargamu, bisnismu, pekerjaanmu, pelayananmu, sekolahmu, di manapun kamu berada bersinarlah bagi Tuhan.

Di Surga, Tuhan tidak suka melihat beberapa orang Kristen yang kompromi, yang sukanya di hari Minggu bertobat tapi di hari lain mempunyai kebiasaan berdosa dan bersenang-senang seperti orang-orang yang hidup duniawi.

Tuhan akan disenangkan jika kita selalu hidup di dalam terang, tidak hidup secara duniawi. Jadi teranglah yang bersinar. Saat punya hati yang benar untuk Tuhan maka di manapun kita berada, terang akan dinyatakan dalam hidup kita. Sama seperti Daud yang berkata pada Tuhan.

Mazmur Daud, ketika ia ada di padang gurun Yehuda. (63-2) Ya Allah, Engkaulah Allahku, aku mencari Engkau, jiwaku haus kepada-Mu, tubuhku rindu kepada-Mu, seperti tanah yang kering dan tandus, tiada berair.

Mazmur 63:1 (TB)

Jika ada kerinduan di dalam hidupmu yaitu mengejar Allah, jangan mengejar hal-hal yang ada di dunia. Jika engkau mengejar Allah maka terang itulah yang akan memenuhi apa yang engkau butuhkan. Jadilah terang, jadilah generasi yang lebih besar dari orangtuamu, mulai jauhi dosa, lihat terangmu agar hidupmu lebih besar dari keadaanmu hari ini!

Karena terangNya yang akan membawa engkau lebih besar, jika engkau mau berhasil dalam hidupmu saat ini, kejarlah terang!

Bagaimana jika tidak ada terang? Kita tidak bisa terbang/keluar dari posisi yang gelap. Terang itu begitu berkuasa, contoh: seperti Saulus berjumpa dengan terang. Pada saat itu juga, Saulus menjadi buta. Ketika Tuhan menyatakan diriNya kepada Saulus dan ia berubah menjadi seorang Paulus (Ia berjumpa dengan terang).

Jika kita bersungguh-sungguh mengejar terang itu, maka di dalam hidupmu akan kelihatan terangNya, kuasa Tuhan terlihat dari hidupmu. Kekristenan bukan tentang agama, tetapi manifestasi terang. Dunia butuh terang. Tidak ada yang bisa menolong Dunia. Oleh karena itu, kita dibutuhkan dan menjadi jawaban bagi generasi kita, untuk menyelamatkan dunia ini.

Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.

Yohanes 1:4

Kemana pun terang itu pergi maka dia akan melingkupi hidup kita. Jika kita punya kehidupan yang berasal dari Tuhan, maka akan termanifestasi kuasaNya sampai terjadi di dunia ini. Kita butuh kelimpahan Tuhan, di manapun kita berada mari kita masuk dalam terang Tuhan.

Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

Yohanes 10:10

Tetapi jalan orang benar itu seperti cahaya fajar, yang kian bertambah terang sampai rembang tengah hari.

Amsal 4:18

Kalau waktu terdahulu lebih baik dari hari ini, artinya kita belum menjadi terang. Karena tanpa sadar, kita belum mengalami perubahan yang menjadikan apa yang diinginkan Tuhan dalam hidup kita belum terlaksana. Sebab Firman Tuhan berkata, hari ini seharusnya lebih baik dari hari kemarin, dan seharusnya kita bersinar sampai meninggalkan dunia ini.

Berfirmanlah Allah: “Jadilah terang.” Lalu terang itu jadi.

Kejadian 1:3

Jadilah terang di tengah dunia ini. Terang yang Tuhan katakan ini disebut “pewahyuan”.

Terang yang dimaksud ada 4:
1. Terang yang artinya Kebenaran.
2. Terang yang artinya Kehidupan.
3. Terang yang artinya pengertian/hikmat.
4. Terang yang artinya Pewahyuan.
5. Terang yang artinya Kebaikan (Baik/bagus) dengan arti kebenaran dalam kehidupan dan memiliki pengertian pewahyuan yang baik/benar.

Kegelapan artinya
1. Jahat
2. Salah
3. Kematian

Jadi ketika terang itu datang, maka kematian itu dihancurkan, semua yang salah disingkirkan/dilepaskan, kesalahan/masalah harus tunduk.

Celakalah anak-anak pemberontak, demikianlah firman TUHAN, yang melaksanakan suatu rancangan yang bukan dari pada-Ku, yang memasuki suatu persekutuan, yang bukan oleh dorongan Roh-Ku, sehingga dosa mereka bertambah-tambah,

Yesaya 30:1

Kehendak Tuhan adalah kita harus taat dan tunduk pada rencanaNya, seorang anak harus taat kepada orangtuanya, sama seperti kita juga harus tunduk dan taat kepada Bapa, supaya kita sanggup dan bisa mengatasi semua masalah, menjadikan sebuah keluarga, pernikahan yang baik disertai dengan kekudusan sehingga dapat menjadi contoh kepada orang lain.

Kerinduan Tuhan supaya kita hidup menjadi Terang bagi Dunia, kita harus bisa sebagai “jawaban” bukan menjadi “masalah” (Yesaya 60).

Contoh: Yosua, Yusuf menjadi, membawa “jawaban” bagi generasinya. Ester bagi generasinya dan bahkan hidup kita sendiri harus bisa jadi pembawa jawaban atas generasi, keluarga dan pelayanan kita.

Dunia membutuhkan orang-orang yang bisa menjadi jawaban, karena dunia sedang penuh dengan kegelapan, banyak orang-orang sedang sakit secara emosional,fisik, dalam kehidupannya. Tetapi ketika kita datang menjadi terang maka kita berfungsi menjadi jawaban bagi mereka/dunia.

Kehendak Allah supaya anak-anakNya menjadi seperti Dia selama kita masih di bumi ini.

Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.

2 Korintus 3:18

Kita dapat melihat diri kita ketika Roh Allah ada dalam hidup kita. Menjadi serupa seperti Allah artinya kita membawa terang Allah dalam hidup kita.

ADA 4 DIMENSI DARI TERANG

1. Kita dipanggil sebagai Terang

Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.

Matius 5:14

Kita dapat terang dari Gereja, tetapi kita harus bisa memanifestasikannya ke Dunia, kita harus bersinar karena inilah panggilan kita menjadi terang. Kalau Tuhan memakai aku sebagai Terang maka Iblis tidak bisa memakai aku sebagai hal yang lain.

Bayangkan setiap kita membawa terang maka Iblis di Indonesia akan gentar dan gemetar.

Sebagai Siswa atau Mahasiswa akan membawa sekolah dan kampus kepada Tuhan. Di mana engkau bekerja bawalah itu kepada Tuhan, karena yang kita perlukan di akhir Zaman ini agar TerangNya dinyatakan atas hidup kita, keluarga kita dan generasi ini.

2. Kita dipanggil kepada/menuju Terang itu

Jadi seharusnya dimana kita berada, terang itu juga ada.

Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:

1 Petrus 2:9

Jadi ketika engkau memancarkan Terang itu, maka secara otomatis telah memancarkan pekerjaan-pekerjaan Tuhan dan Malaikat Tuhan akan bersukacita atas hidup kita.

3. Kita harus mengenakan/memakai Terang

Hari sudah jauh malam, telah hampir siang. Sebab itu marilah kita menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan dan mengenakan perlengkapan senjata terang!

Roma 13:12

Dipakai sebagai senjata yaitu Terang! Artinya yang lama itu harus dilepas yaitu pekerjaan daging atau kegelapan karena dimana ada kedagingan di situ ada kegelapan (kesombongan, perzinahan, iri hati,kebohongan,percabulan,keserakan ,ber, gosip, cemburu, berbohong, mencuri, dll).

Jangan jadi Kristen yang kelihatan dari permukaan saja, jangan memakai topeng dalam hidupmu, jangan sampai ditemukan kehidupanmu berbeda dari engkau di gereja dengqn kehidupanmu di luar gereja. Banyak orang Kristen melakukan bisnis dalam gereja dengan menipu, melakukan kejahatan di dalam gereja.

Tuhan tidak membangkitkan bayi-bayi Rohani, tetapi yang Tuhan mau bangkitkan adalah orang-orang yang dewasa rohani dalam Tuhan. Oleh sebab itu hancurkan, hal-hal kegelapan (homo sex, lesbi, video kotor dan kegelapan lainnya). Jangan sampai engkau melayani tetapi masih berbuat hal-hal gelap ini.

Banyak dari kita sibuk dalam pelayanan gereja, tetapi jauh dari persekutuan pribadi dengan Tuhan. Ke Gereja tapi jauh dari Tuhan.

Banyak pribadi tidak melakukan persekutuan dengan Tuhan, sehingga membawa pengaruh. Akibatnya Gereja tidak mengalami Kuasa dan ini mendukakan hati Tuhan. Jadilah seorang pria/wanita/anak Laki-laku/anak perempuan yang mempunyai Terang!

Contoh: Yusuf berjumpa dengan Raja, dia mengganti bajunya. Bartolomeus sebelum jumpa Tuhan mengganti bajunya, yang artinya jika engkau masih pakai pakaian lama/manusia lamamu, maka tidak bisa bertemu Tuhan.

4. Kita ditetapkan sebagai terang.

Sebab inilah yang diperintahkan kepada kami: Aku telah menentukan engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya engkau membawa keselamatan sampai ke ujung bumi.”

Kisah Para Rasul 13:47

Dunia akan mulai percaya karena integritas kita dalam mengikut Tuhan.

5. Kita harus berjalan di dalam Terang

Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang,

Efesus 5:8

Dulunya kita dalam gelap dan sekarang kita menjadi Terang. Oleh sebab itu berjalanlah menjadi terang. Ada progres berjalan dengan terang, sekalipun orang tidak melihat engkau, tetaplah berjalan di dalam terang. Kalau kita berjalan dalam terang, maka jalanmu akan mudah dengan Iman.

Ketika ada terang dalam hidupmu ada hal-hal yang akan dinikmati yaitu:

1. Kelimpahan Tuhan dinyatakan dalam hidupmu.

Kabod dalam bahasa Ibrani artinya Kelimpahan/reputasi yang baik. Ke maha hadiran Tuhan, Tuhan ada dimana-mana, Mata Tuhan ada di segala tempat, mata Tuhan menguasai.

Hidup kita tidak akan meminta-meminta kepada orang lain. Bahkan orang-orang yang belum mengenal Tuhan, mereka sendiri akan berinisiatif datang memberkati engkau. Kamu menarik berkat Tuhan seperti dalam Yesaya 60:3-4.

Dan jika engkau mau saat ini ada kelimpahan dalam hidupmu, jangan berharap pada manusia tetapi cari pada terangNya maka semua itu akan didatangkan kepadamu.

2. Kemuliaan/Shekinah Glory

Saat kita/ gereja mengadakan penyembahan berlangsung, kemuliaan itu turun saat itu juga. Dan saat itu juga engkau benar-benar merasa terangkat dan dijamah Tuhan. Setiap kita/gereja yang menyembah Tuhan tidak akan kekurangan.
Shekinah Glory juga dinyatakan seperti kisah di alkitab.

Pada malam itu juga Allah menampakkan diri kepada Salomo dan berfirman kepadanya: “Mintalah apa yang hendak Kuberikan kepadamu.”
2 Tawarikh 1:7

3. Hadirat Tuhan yang bergerak (The Present of a Moving God)

Harus ada peperangan yang kita lakukan, jangan bergantung menikmati hadiratNya hanya saat ibadah di gereja saja.

Lalu Ia berfirman: “Aku sendiri hendak membimbing engkau dan memberikan ketenteraman kepadamu.”
Keluaran 33:14

4. Dilindungi oleh Tuhan, kita ada karena ada di dalam integritas Tuhan.

Artinya kita bisa mengetahui/mengalaminya/ mengerti perbedaan antara orang benar dan orang fasik, yang melayani Tuhan dengan yang tidak melayani Tuhan. Ketika engkau membawa terang akan ada perbedaan.

Yang sudah melayani Tuhan jangan pernah berhenti melayani, karena sebenarnya ada perbedaan antara yang melayani dengan yang tidak melayani, antara engkau dan dunia. Sebab Tuhan akan memberi upah yang berbeda dengan orang yang melayani dengan orang yang tidak melayani.

5. Terang yang kita miliki dapat menarik Bangsa-Bangsa.

Bangsa-bangsa berduyun-duyun datang kepada terangmu, dan raja-raja kepada cahaya yang terbit bagimu.

Angkatlah mukamu dan lihatlah ke sekeliling, mereka semua datang berhimpun kepadamu; anak-anakmu laki-laki datang dari jauh, dan anak-anakmu perempuan digendong.

Pada waktu itu engkau akan heran melihat dan berseri-seri, engkau akan tercengang dan akan berbesar hati, sebab kelimpahan dari seberang laut akan beralih kepadamu, dan kekayaan bangsa-bangsa akan datang kepadamu.
Yesaya 60:3-5

Siapakah mereka ini yang melayang seperti awan dan seperti burung merpati ke pintu kandangnya?
Yesaya 60:8

Jika engkau berjalan pada terang, maka setan akan lari dari padamu, dan engkau akan dibawa terbang tinggi, kesuksesanmu akan datang berurutan.

Di mana orang lain sedang merangkak, engkau akan berlari. Contoh, lihat hidup Yusuf, dia sebagai tawanan di penjara, tetapi besoknya ketika bebas dia menjadi Raja, karena dia membawa Terang tanpa kampanye dan tanpa dipilih manusia. Demikian kita juga akan terbang dengan kuasa Tuhan. Jangan lagi hidup dalam kehidupan yang biasa atau normal.

Bagaimana Kita Mengalami Terang Itu?

Ada 4 cara untuk bangkit dalam terang itu:

1. Bangkit dalam DOA
Artinya jika jarang berdoa, bangkitlah dan berdoa dengan sungguh-sungguh lagi.

2. Bangkit dalam Firman Tuhan
Luangkan waktu dengan Firman Tuhan.

Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
Yohanes 1:1

Kamulah yang mewarisi nubuat-nubuat itu dan mendapat bagian dalam perjanjian yang telah diadakan Allah dengan nenek moyang kita, ketika Ia berfirman kepada Abraham: Oleh keturunanmu semua bangsa di muka bumi akan diberkati.
Kisah Para Rasul 3:25

Bukan kepada kami, ya TUHAN, bukan kepada kami, tetapi kepada nama-Mulah beri kemuliaan, oleh karena kasih-Mu, oleh karena setia-Mu!
Mengapa bangsa-bangsa akan berkata: “Di mana Allah mereka?”
Allah kita di sorga; Ia melakukan apa yang dikehendaki-Nya!
Berhala-berhala mereka adalah perak dan emas, buatan tangan manusia,
mempunyai mulut, tetapi tidak dapat berkata-kata, mempunyai mata, tetapi tidak dapat melihat,
Mazmur 115:1-5

3. Harus bangkit dalam penyembahan

Tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal.”
Yohanes 4:14

Kebenaran itu adalah terang, jika kita dalam kebenaran dan terang, maka kita akan menjadi terang, ketika kita berdoa kita mendekat kepada Tuhan, oleh sebabnya Tuhan mencari penyembah-penyembah, yang bisa menciptakan suasana Shekinah Glory di dalam rumah kita.

Baca Mazmur 6. Kita harus bangkit dalam penyembahan, jika engkau sebagai orangtua, kumpulkan anak-anakmu untuk berdoa dan mulailah menyembah Tuhan.

Ketika berdoa jangan bicara pada masalahmu, tetapi mulai sembah Tuhan, pandang kemuliaanNya, ketika memuji Dia kita mengakui kebaikan Tuhan, pakai kekudusan/kuasa/kebesaran Tuhan, akui kekudusan Tuhan.

Kekudusan ditambah mengucap syukur ditambah mengakui kebesaran/kebaikan Tuhan dalam 3 hal ini jika digabungkan, kita akan mendapat terang Tuhan.

Bagaimana kita mengakses terang itu? Kita harus terhubung pada terang itu. Sama halnya kita harus terhubung pada Roh kudus. Maka manusia Roh kita diaktifkan. Jika kita hidup dalam kedagingan tidak dapat terhubung dalam terang itu.

Bila kita terhubung dengan terang itu, terang yang akan menyinari hidup kita, kita akan menjadi terang Allah. Saat kita diterangi, maka hidup kita akan dipakai dan diangkat Tuhan.

Amin!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s