Tak Berkategori

12 Pengintai dan Kemuliaan Tuhan Lebih Lagi

Shallom berikut adalah catatan kotbah Ibadah Doa Jumat 17 Januari 2020 oleh Ps. Lingga Chandra. Dilanjutkan dengan Ibadah Miracle Night Service.

Dari 12 pengintai ini yang paling terkenal namanya adalah Yosua dan Kaleb. Mengapa? Karena hanya mereka yang diijinkan Tuhan untuk masuk ke dalam tanah perjanjian.

Tuhan menjanjikan tanah yang melimpah susu dan madunya. Sering kali kita komplain kenapa janji itu belum terjadi? Malah makin lama jadi banyak masalah.

Bilangan 13:2 (TB) “Suruhlah beberapa orang mengintai tanah Kanaan, yang akan Kuberikan kepada orang Israel; dari setiap suku nenek moyang mereka haruslah kausuruh seorang, semuanya pemimpin-pemimpin di antara mereka.”

Kedua belas orang itu boleh lebih dulu mencicipi tanah perjanjian. Yang jadi masalah bagi 10 orang adalah tantangannya (orang yang kuat-kuat) tetapi bagi yang 2 orang (Yosua dan Kaleb) tetap percaya sekalipun ada masalah, jika Tuhan yang berjanji pasti janji itu akan digenapi.

Tuhan itu menganggap kita bukan anak gampang. Bukan anak manja yang hanya mau terima janji tapi tdk mau menghadapi masalah. Tuhan mau kita jadi anak-anak yang tidak mudah menyerah dengan keadaan.

Imani bahwa Tuhan mengasihi kita. Bagi Tuhan tak ada yang mustahil. Fokuslah pada Tuhan bukan masalahnya. Tuhan itu pencipta langit dan bumi. Dia mampu melakukan segala yang mustahil.

Bilangan 13:32-33 (TB) Juga mereka menyampaikan kepada orang Israel kabar busuk tentang negeri yang diintai mereka, dengan berkata: “Negeri yang telah kami lalui untuk diintai adalah suatu negeri yang memakan penduduknya, dan semua orang yang kami lihat di sana adalah orang-orang yang tinggi-tinggi perawakannya.
Juga kami lihat di sana orang-orang raksasa, orang Enak yang berasal dari orang-orang raksasa, dan kami lihat diri kami seperti belalang, dan demikian juga mereka terhadap kami.”

Mereka mengatakan yang sebenarnya tetapi mereka tidak melihat Tuhan yang lebih besar dari raksasa. Mereka katakan diri kami seperti belalang. Mereka memandang rendah diri mereka sendiri.

Ubah pola pikir kita. Ubah cara pandang kepada diri sendiri. Tuhan berkata bahwa engkau berharga di mataKu. Meremehkan diri sendiri sama dengan meremehkan penciptanya.

Bilangan 13:30 (TB) Kemudian Kaleb mencoba menenteramkan hati bangsa itu di hadapan Musa, katanya: “Tidak! Kita akan maju dan menduduki negeri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya!”

12 orang ini adalah orang-orang pilihan, pemimpin-pemimpin dari keduabelas suku Israel. Masing-masing suku diambil satu pemimpin. Mereka bukan orang biasa tetapi pilihan. Dalam artian sama seperti Kaleb dan Yosua.

Perkatakan iman bahwa aku ini lebih dari pemenang. Aku ini berharga di mata Tuhan. Aku diberkati Tuhan. Aku sungguh-sungguh dimampukan Tuhan.

Engkau mungkin kalah hari ini tapi kau punya Allah yang mampu menolong.

Jangan gagal memandang diri berharga. Setiap barang berharga pasti disayang. Demikian juga Tuhan terhadap kita.

Hati-hati dengan siapa kita bergaul. Orang-orang Israel lebih memilih percaya mendengarkan yang kesepuluh orang itu daripada janji Tuhan.

Amsal 13:20 (TB) Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang.

Segala sesuatu yang berharga harus disertai dengan perjuangan yang luar biasa. Siapkan diri untuk sesuatu yang luar biasa. Jadi jemaat yang tangguh.

Bangkitlah dan jadi teranglah. Bangkit bicara keluar dari zona nyaman.

Tuhan aku tahu bahwa ekonomi sedang sulit tapi aku percaya engkau mampukan aku. Berkati aku.

Hati-hati dengan perkataanmu. Sesering mungkin baca Yesaya 60. Terus imani dengan sungguh-sungguh.

Dengar hal-hal yang baik bukan kabar busuk. Maka tak heran banyak orang Kristen seperti mayat hidup. Tidak punya semangat lagi. Bergaullah dengan orang-orang yang bijak.

Miracle Night Service
Jumat 17 Januari 2020
Pembicara: Ps. Andri

Kemuliaan Lebih Yang diberikan kepada kita

Ibrani 1:3a
Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan.

Tuhan sanggup menopang segala yang ada dengan Firman yang penuh kuasa. Semua yang terjadi dalam hidupmu Tuhan tahu.

Matius 10:30
Dan kamu, rambut kepalamu pun terhitung semuanya.

Satu rambutpun tidak akan jatuh tanpa Tuhan tahu. Kedalaman kita memahami firman menentukan seberapa tinggi iman itu tumbuh. Karena firman menopang hidupmu. Apa pun yang terjadi jika kita berakar dalam firman maka tidak akan goyah.

Wahyu 3:20 (TB) Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.

Pintu= pintu hatimu. Di situlah seluruh krusial hidupmu ditentukan.

Mendengar dulu, membuka pintunya baru Dia masuk. Lalu kata Tuhan: Aku akan makan bersama engkau dan engkau akan bersama-sama dengan Aku.

Titik paling tinggi adalah ketika makan bersama Yesus. Apa yang terjadi ketika seseorang makan berdua dengan orang terhormat? Yaitu Kehormatan. Lobi paling hebat adalah ketika berada di meja makan.

Di kitab Wahyu, puncaknya adalah perjamuan Anak Domba. Makan memiliki estimasi tersendiri. Ada kedekatan emosional ketika berada di meja makan.

Hubungan ada levelnya. Ketika Yesus mengetuk pintu dan masuk maka ada hubungan yang dekat. Bagaimana jika kita diajak makan oleh Raja Segala Raja? Maka tidak ada satu kuasa pun yang berani mengganggu kita.

Gimana cara mendengar suara Roh Kudus? Jika kamu tidak sedang apa-apa, tiba-tiba teringat suatu ayat. Siapa yg mengingatkan itu? Atau jika kita sedang sedih tiba-tiba teringat suatu ayat. Itulah yang disebut suara Roh Kudus.

Hanya kadang-kadang kita sering kali mengecilkan suaraNya ketika tidak cocok dengan ayat itu. Apa yang diingatkan tangkap saja. Belajar untuk mengerti. Sehingga bisa mendengar suaraNya.

Dengarkan dan buka hatimu. Tuntunan Tuhan itu penting.

7 manifestasi kemuliaan Tuhan. Hanya khusus diberikan pada orang yang mendengar Dia mengetuk dan membuka pintu hatimu.

Untuk diselamatkan cukup undang Yesus masuk dalam hidupmu. Tetapi kamu harus bayar harga untuk mempertahankan imanmu.

Kelepasan

Keluaran 14:16 (TB) Dan engkau, angkatlah tongkatmu dan ulurkanlah tanganmu ke atas laut dan belahlah airnya, sehingga orang Israel akan berjalan dari tengah-tengah laut di tempat kering.

3 hari jalan mereka sampai di pinggir jalan. 2 juta orang berjalan bersama-sama dengan ternaknya. Orang Israel ketakutan dikejar firaun. Tuhan berkata kepada Musa untuk membawa bangsa Israel menyebrangi laut.

Keluaran 14:17 (TB) Tetapi sungguh Aku akan mengeraskan hati orang Mesir, sehingga mereka menyusul orang Israel, dan terhadap Firaun dan seluruh pasukannya, keretanya dan orangnya yang berkuda, Aku akan menyatakan kemuliaan-Ku.

Tuhan mau menyatakan kemuliaanNya kepada musuh-musuh orang Israel.

Keluaran 14:18 (TB) Maka orang Mesir akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, apabila Aku memperlihatkan kemuliaan-Ku terhadap Firaun, keretanya dan orangnya yang berkuda.”

Tuhan juga kadang-kadang mau tunjukkan kehebatanNya kepada musuhmu. Kita perlu tunjukkan siapa yang menolong kita lewat kesaksian. Kelepasan efeknya ada 2, eksternal dan internal.

Kekuatan angin seberapa yang dapat membelah lautan jadi dua tetapi tanpa membuat orang Israel bubar. Tuhan menyelesaikan masalah tanpa engkau ikut kocar-kacir atau terlepas dari Tuhan.

2 Tawarikh 7:1-3 (TB) Setelah Salomo mengakhiri doanya, api pun turun dari langit memakan habis korban bakaran dan korban-korban sembelihan itu, dan kemuliaan TUHAN memenuhi rumah itu.
Para imam tidak dapat memasuki rumah TUHAN itu, karena kemuliaan TUHAN memenuhi rumah TUHAN.
Ketika segenap orang Israel melihat api itu turun dan kemuliaan TUHAN meliputi rumah itu, berlututlah mereka di atas lantai dengan muka mereka sampai ke tanah, lalu sujud menyembah dan menyanyikan syukur bagi TUHAN: “Sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.”


Ketika kemuliaan Tuhan memenuhi hidupmu maka tidak ada yang dapat tahan menghadapimu.

Tabut Tuhan dititipkan ke rumah Obed Edom dan membuat berkati luar biasa. Jadilah orang Kristen yang berkenan. Jadilah pelaku firman.

Damai sejahtera

Yohanes 14:27 (TB) Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

Damai sejahtera yang ditawarkan oleh Yesus adalah damai yang bisa menjaga Yesus ketika dia diam tidak menjawab pertanyaan Pontius Pilatus. Ketika Yesus berada di kayu salib sehingga berkata ampunilah mereka karena tidak tahu apa yang diperbuat.

Jika hatimu kotor, penuh kemarahan, apa yang dikeluarkan oleh mulutmu selalu yang negatif.

Buang semua rasa dengki dan biarkan kemuliaan Tuhan masuk dalam hatimu. Jika kamu memiliki damai sejahtera Yesus maka segala apa pun bisa dihadapi.

Sesi 2 Pak Widhi

2 Korintus 3:17-18 (TB) Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.
Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.

Kemerdekaan dari depresi dari kecemasan. Digantikan dengan damai sejahtera. Kemuliaan datangnya dari Tuhan.

Yes 60: 1 dalam bahasa Ibrani kata pertama yang dipakai adalah Bha bukan kata Bangkitlah. Artinya has come/sudah datang. Kemuliaan Tuhan sudah datang. Bangkitlah!

Yes 60:9-10 orang-orang di luar sana masih menanti-nantikan sinar kemuliaan Tuhan.

Mungkin kita sekarang bukanlah siapa-siapa tapi Tuhan bisa kirim orang-orang yang punya kuasa untuk mensupport saudara. Membangun tembok-tembok untuk saudara.

Yes 61:1-9 ketika kemuliaan Tuhan terbit pengurapan itu turun. Saudara harus bangkit.
Ayat 6 Kekayaan bangsa-bangsa bukan hanya bicara soal uang. Termasuk power bertemu dengan orang-orang yang punya jabatan. Imam Tuhan artinya orang yang dipercaya oleh Tuhan untuk menyampaikan pesan Tuhan yang membawa keselamatan bagi jiwa-jiwa.
Ayat 7 bukan hanya berkat-berkat jasmani tapi diberikan juga sukacita abadi yang tidak bisa dicuri.

Ayat 8 Tuhan mau mengikat perjanjian abadi dg mu. Perjanjiannya adalah pada ayat 9.

Yesaya 61:9 (TB) Keturunanmu akan terkenal di antara bangsa-bangsa, dan anak cucumu di tengah-tengah suku-suku bangsa, sehingga semua orang yang melihat mereka akan mengakui, bahwa mereka adalah keturunan yang diberkati TUHAN.

Yes 60:10b Sebab dalam murkaKu, Aku menghajar engkau. Namun Aku telah berkenan untuk mengasihi engkau.

Tinggalkan komentar